Strategi Pemasaran Internet

Sekarang ini sulit untuk menemukan sebuah bisnis yang bisa maju dan berkembang tanpa bantuan dunia maya. Sebagian besar pelaku industri menyadari bahwa partisipasi dan representasi dalam dunia maya adalah hal yang mutlak jika tidak ingin tertinggal dari para pesaing dan terlihat ketinggalan teknologi.

Agar kita bisa bersaing, kita harus mengetahui beberapa unsur vital dalam melakukan pemasaran di dunia maya. Yang dimaksud dengan tiga unsur tersebut, menurut Susan Sweeney dan Randall Craig dalam “Social Media for Business”, adalah:
1. Tujuan Anda
2. Pasar yang Anda bidik
3. Produk dan jasa yang Anda tawarkan

Tidak ada sebuah pola atau resep jitu yang cocok dan 100% efektif untuk diterapkan di semua jenis usaha. Karena itulah Anda sendiri harus mau mengevaluasi apa saja tujuan, sasaran pasar dan produk serta jasa yang ditawarkan sehingga akan diketahui formula penggunaan jejaring sosial mana yang paling sesuai dan efektif untuk bisnis yang Anda jalankan.

Bingung bagaimana memulainya? Ambil kertas lalu catatlah semua tujuan, pasar yang dibidik, dan produk serta jasa yang Anda miliki. Usahakan untuk merincinya, jangan hanya mencatat secara umum. Dengan memberikan perincian yang spesifik, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis teknik pemasaran Internet  yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Tujuan-tujuan tersebut misalnya:
* Menempatkan merek Anda di level yang lebih tinggi
* Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs
* Mendorong angka penjualan saat masa lesu

Beberapa contoh pasar yang bisa dijadikan sasaran atau segmen adalah :
* Para lanjut usia
* Kaum paruh baya
* Kalangan dewasa muda
* Para remaja
* Anak-anak
* atau Bayi

Setelah itu, daftar semua produk dan jasa yang Anda miliki. Kemudian amati pilihan pemasaran via web manakah yang cocok. Pilihan tersebut dapat berupa pilihan pemasaran online yang konvensional seperti email berisi penawaran ke pelanggan potensial atau situs layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace, LinkedIn, Orkut, Foursquare, atau Koprol. Tentukan salah satu atau beberapa opsi yang Anda pandang paling mudah, paling cepat, dan paling hemat.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar